Posts Subscribe to (PIA BATTA)Comments

Hapus tanda petik( ' ), koma( , ) pada TextBox

Mungkin kalian pernah mengalami seperti yang saya alami sebelumnya yaitu pada saat entry data, tampa sengaja saya menekan tanda petik satu (') singkat saja TAPE. Dan pada saat SAVE maka terjadilah ERROR...! Awalnya saya kaget, tapi selidik demi selidik, ternyata penyebab utamanya ya TAPE itu tadi. Soalnya di dalam QUERY INSERT maupun EDIT terdapat TAPE yang berfungsi untuk pendeklarasian VALUE/NILAI yang akan disimpan. Jadi kalau ada TAPE yang double akan menyebabkan ERROR...!

Dari sini saya berangan bagaimana cara agar setiap saya mengetik TAPE, secara otomatis TAPE itu sendiri langsung dihapus...

Puji Tuhan saya menemukan solusinya. Berikut langkah-langkahnya.
1> Sebelumnya sediakan satu Form1.vb dan komponen TextBox...

2> Buat sebuah FUNGSI dulu pada Form1.vb anda:

Public Function HapusPetik(ByVal kalimat As String, ByVal petik As String) As String
Dim hasil As String = ""
Dim nilai As String = ""
Dim testArray() As String = Split(kalimat, petik)
Dim lastNonEmpty As Integer = -1
For i As Integer = 0 To testArray.Length - 1
If testArray(i) <> petik Then
lastNonEmpty += 1
nilai += Replace(testArray(i), petik, "")
hasil = nilai
End If
Next
Return hasil
End Function


Fungsi ini nantinya akan kita panggil dan pakai untuk menghapus TAPE.

3> Setelah itu, pilih Event TextChanged pada TextBox1 dan ketikkan script:

TextBox1.Text = HapusPetik(TextBox1.Text, "'")

Atau lebih lengkapnya:

Private Sub TextBox1_TextChanged(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles TextBox1.TextChanged
TextBox1.Text = HapusPetik(TextBox1.Text, "'")
End Sub


Sekarang running. Maka setiap entry-an TAPE yang anda ketikkan langsung terhapus...
Jangankan TAPE, tanda KOMA(,), TITIK(.), atau karakter lainnya juga bisa anda hapus berdasarkan kebutuhan kita... Semoga membantu bagi teman-teman yang masih pemula seperti saya ini.

Sebelumnya saya minta maaf kalau ada salah script atau kata-kata yang tak sopan. Saya cuma manusia biasa yang takluput dari salah dan dosa...



Semoga bermanfaat....

Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - piaBATTA is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO